Pages

Tuesday, 6 October 2015

Menggunakan peta situs untuk mengindikasikan laman bahasa alternatif

Untuk caranya ikuti petunjuk dibawah ini
By support.google.com

Jika situs Anda menargetkan pengguna dalam banyak bahasa dan, secara opsional, negara, Anda dapat menggunakan Peta situs untuk memberikan rel="alternate" hreflang="x"kepada Google. Atribut ini membantu Google menyajikan bahasa atau URL regional yang benar bagi penelusur.
Bayangkan Anda memiliki laman dalam bahasa Inggris yang ditargetkan bagi penutur bahasa Inggris di seluruh dunia. Anda juga memiliki versi ekuivalen dari laman ini yang ditargetkan bagi penutur bahasa Jerman di seluruh dunia, dan penutur bahasa Jerman yang tinggal di Swiss. Rangkaian URL lengkap Anda adalah:
  • www.example.com/english/
  • www.example.com/deutsch/
  • www.example.com/schweiz-deutsch/
Peta Situs berikut memberi tahu Google bahwa laman www.example.com/english/ memiliki laman ekuivalen yang menargetkan pengguna penutur bahasa Jerman di seluruh dunia  (http://www.example.com/deutsch/) dan Swiss (http://www.example.com/schweiz-deutsch/).

  
    http://www.example.com/english/
    
    
    
  
  
  
    http://www.example.com/deutsch/
    
     
     
  
  
  
    http://www.example.com/schweiz-deutsch/
     
     

  
  

Catatan

  • Pastikan untuk menentukan namespace xhtml sebagai berikut:
    xmlns:xhtml="http://www.w3.org/1999/xhtml"
  • Anda harus membuat elemen url yang berbeda untuk setiap URL. Setiap elemen url harus menyertakan tag loc yang mengindikasikan URL laman, dan subelemen xhtml:link rel="alternate" hreflang="XX" bagi setiap versi alternatif laman, termasuk laman itu sendiri
  • Contoh ini menggunakan kode bahasa de untuk URL yang ditargetkan bagi penutur bahasa Jerman di mana saja, dan kode lokal bahasa de-ch untuk penutur bahasa Jerman di Swiss. Jika Anda memiliki beberapa URL alternatif yang ditargetkan ke pengguna dengan bahasa yang sama namun pada lokal yang berbeda, sebaiknya berikan URL untuk pengguna yang tidak ditentukan secara geografis. Misalnya, Anda dapat memiliki URL khusus bagi penutur bahasa Inggris di Irlandia (en-ie), Kanada (en-ca), dan Australia (en-au), namun ingin agar semua penutur bahasa Inggris melihat laman bahasa Inggris (en) generik. Dalam kasus ini sebaiknya Anda menentukan laman bahasa Inggris (en) generik untuk penelusuran, katakanlah, di Inggris.

0 komentar: